Desa Wisata Kembang Arum Yang nyaman untuk ber relaksasi

Area pertemuan Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembang Arum Yang nyaman untuk relaksasi

Desa wisata kembang arum adalah salah satu desa wisata yang berada di kabupaten Sleman provinsi DI. Yogyakarta. Desa ini merupakan desa wisata terbaik di kabupaten sleman dan sering menjuarai kejuaraan desa wisata selama 8 tahun berturu-turut sehingga akhirnya desa wisata kembang arum di larang untuk mengikuti lomba desa wisata.

Pada tahun 2005 dengan adanya gagasan / ide Bapak Hery Kustriyatmo dari sanggar pratista yang bekerjasama dengan warga Desa kembang arum mengambil langkah baru menciptakan desa wisata yang berbasis pendidikan yang di beri nama “Desa Wisata Kembang Arum” dalam suatu tatanan yang apik,alami, dan penuh dengan nilai ketradisionalan yang nantinya dapat mereka banggakan.

Desa Wisata Kembang Arum memiliki segudang prestasi dalam bidang kebersihan dan ketahanan pangan,kuliner, seni dan lomba desa wisata baik di tingkat kabupaten maupun nasional. Seringnya desa wisata kembang arum mendapatkan piala juara satu maka desa wisata kembang arum dilarang untuk mengikuti kejuaraan lomba desa wisata.

Slogan Desa Kembang Arum “Anda datang senang, Pulang tambah pintar!”

20160307_124936

Lokasi Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata kembang arum terletak di lereng gunung merapi yang tepatnya di kelurahan Donokerto kecamatan Turi kabupaten Sleman provinsi Yogyakarta. Letak Desa Wisata Kembang arum berjarak 19 km dari pusat kota yang dapat di tempuh dengan waktu 30 menit.

20160307_115331

Tentang Desa Wisata Kembang Arum

Seniman Hery Kustriyatmo menjadikan Kembang arum sebagai tempat belajar seni lukis khusus anak-anak. Karena banyak masyarakat yang mendukung, akhirnya Kembang arum menjadi tempat wisata budaya sampai sekarang. Di sini juga terdapat sanggar belajar seni seperti teater, melukis, musik, dan memasak dengan salak sebagai bahan baku.

Anak-anak maupun turis yang ingin belajar di sanggar-sanggar ini tak dipungut biaya sepeser pun. Ada juga perpustakaan alam yang berisi buku-buku tentang pengetahuan alam sekitar kita.

Selain wisata seni dan budaya, desa hijau Kembang arum juga menyuguhkan wisata outbound dan bakti sosial kepada masyarakat sekitar. Traveler juga bisa ikut membajak sawah menggunakan kerbau, memancing ikan di kolam, atau menanam pohon di lahan yang tersedia.

Paket kegiatan  yang di tawarakan Desa Wisata Kembang arum

  • Paket creative camp, yaitu belajar memainkan gamelan tradisional, melukis dengan media kertas dan kanvas, belajar membatik, membuat layang-layang, bermain angklung, dan membuat kerajinan janur.
  • Paket wisata outbound dan olahraga tradisional, yaitu balap dinglik, balap egrang, balap bakiak, bambu salak glundong, tarik tambang lumpur, bambu keseimbangan, bambu pancuran, tampah bola, gebuk bantal di atas air, mencari ikan, sepak bola lumpur, bola basket lumpur, kenthos keseimbangan, bola volly geber, dan flying fox.
  • Paket wisata petulangan, yaitu tracking menyusuri desa wisata dan perkebunan salak, tracking menyusuri sungai, serta motor trail, dan off road ke lerang Gunung Merapi.
  • Paket wisata pertunjukan dan hiburan, yaitu wayang kulit pentilan, wayang kulit semalam suntuk, jathilan dan tarian rampak buto, karawitan atau cokekan, jathilan kelinthing (jathilan anak-anak), organ tunggal, campur sari, musik akustik, dan musik band (jazz, blues, reggae).
  • Paket wisata pertanian, yaitu membajak sawah dengan kerbau, nutu (menumbuk) padi, dan menanam padi.
  • Paket wisata perkebunan, yaitu menanam salak, singkong, dan jagung.
  • Paket wisata peternakan, yaitu memberi makan kambing.
  • Paket wisata permukiman tradisional, yaitu Griya Sekar Arum, Joglo Sempor Sungai, Penginapan Gubug Pereng, Gubug Pereng bawah, Griya Arum Sari, dan Rumah Joglo.
  • Paket Wisata keliling desa dengan grobak Sapi.
  • Wisata pengambil foto untuk prewedding dan film.
  • Paketiwisata aneka kuliner tradisional, jajanan pasar, dan minuman tradisional.
  • Paket pijat di pinggir sungai.

20160307_120016

 

20160307_120726

Desa Kembang Arum awalnya merupakan desa miskin, dengan adanya desa wisata kembang arum, menjadikan tingkat ekonomi warga meningkat, karena warga desa dapat ikut serta dalam aktifitas desa wisata. Ibu-ibu desa di libatkan dalam han penyediaan makanan catering untuk tamu-tamu yang berkunjung ke desa kembang arum. Para pemuda di libatkan untuk menjadi pemadu dalam setiap kegiatan desa wisata kembang arum.

Suasana desa yang asri, bersih, sunyi dan nyaman untuk tinggal tergambar di desa kembang arum ini. Masyarakat yang sangat welcome dengan kedatangan tamu dari luar daerah menjadi ciri khas desa ini. Sehingga tamu-tamu yang berkunjung akan sangat nyaman berkunjung ke desa ini.

Mayoritas warga desa kembang arum memiliki kebun-kebun salak pondoh yang merupakan komditas unggulan didaerah sleman. Tamu pun bisa membeli salak pondoh khas sleman ini langsung dari pohon warga.

Bagi kalian yang ingin meninggalkan kepenatan kota dan tinggal di desa kembang arum pun sangat bisa.

Selamat Datang Di Desa Wisata Kembang Arum

20160307_120818

20160307_115529

Blog Attachment

Related Blogs