Kenali Cara Pembuatan Gudek Sebagai Makanan Khas Jogja

kenali-cara-pembuatan-gudek-sebagai-makanan-khas-jogja

Kenali Cara Pembuatan Gudek Sebagai Makanan Khas Jogja

Siapa yang tidak kenal dengan gudek? Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Jogja yang memiliki cita rasa yang khas dan unik. Gudek merupakan makanan yang dibuat dari nangka muda, gula merah dan bumbu yang dimasak hingga berjam-jam. Gudeg biasanya dimakan bersama nasi dan lauk pauk pelengkapnya untuk menetralisir rasa manis dari gudeg. Lauk yang selalu setia mendampingi gudeg adalah areh (santan kental) dan sambal krecek, tahu atau tempe, telur atau ayam tergantung selera.

Gudeg ternyata memiliki beberapa jenis diantaranya:

  1. Gudeg basah

Gudeg basah biasanya disajikan dengan kuah santan yang gurih dengan rasa yang nikmat dan biasa dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Gudeg basah ini memiliki kelemahan yaitu tidak tahan lama, sehingga hanya bisa dinikmati di Jogja saja, kalaupun untuk oleh-oleh hanya yang menempuh perjalanan singkat. Gudeg basah mudah dijumpai pada pagi hari sebagai sarapan. Gudeg jenis basah yang terkenal adalah Gudeg Permata Bu Puji, Gudeg Pawon Janturan, Gudeg Sagan dan Gudeg 8055.

  1. Gudeg kering

Gudeg kering adalah gudeg yang dimasak sampai kuahnya mongering/habis dan berwarna kecoklatan. Gudeg ini sering diburu dan dijadikan oleh-oleh khas Jogja dalam bentuk per kardus. Dari segi rasa, Gudeg Kering lebih manis dibanding Gudeg Basah. Gudeg kering ini dapat dijumpai di kedai terkenal seperti Gudeg Bu Tjitro, Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Lies, Gudeg Yu Narni dan Gudeg Bu Amad Barek

 

Cara membuat Gudeg khas Jogja

  1. Bahan-bahan Gudeg Yogyakarta
  2. Nangka muda 1 kg
  3. Santan kelapa 1 liter
  4. Lengkuas 4 ruas jari, memarkan
  5. Daun jati muda 7 lembar
  6. Daun salam 2 lembar
  7. Daging ayam ½ ekor, potong 6 bagian
  8. Gula merah 100 gr, sisir halus
  9. Air bersih/air kelapa 1.5 liter
  10. Bawang putih 4 siung, haluskan
  11. Bawang merah 10 siung, haluskan
  12. Kemiri sangrai 6 butir
  13. Garam dapur 5 sdt
  14. Ketumbar sangrai halus 1 sdt

 

Cara Membuat Gudeng Nikmat Khas Yogyakarta

  1. Tuang air beras/air kelapa ke dalam panci yang beralaskan daun jati muda. Lalu tambahkan dengan potongan kecil nangka muda, tutup bagian atas panci dengan sisa daun jati muda dan masak sampai matang dan nangka muda terasa empuk, tiriskan.
  2. Buat bumbu halus dengan cara mengulek bahan-bahan seperti ketumbar, bawang putih, kemiri, bawang merah, dan garam secukupnya hingga menjadi halus.
  3. Kemudian rebus bumbu halus tadi bersama dengan santan dalam wadah panci yang lain hingga mendidih, lalu tambahkan daun salam, lengkuas, gula merah yang sudah disisir halus dan daging ayam yang sudah dipotong kecil, aduk sampai tercampur merata dan masak sampai daging terasa empuk.
  4. Terakhir, tambahkan rebusan campuran santan dan bumbu halus yang sudah berisi daging empuk di atas dengan rebusan nangka tadi. Masak kembali sampai kuahnya mulai berkurang dan menyusut. Pastikan rasa masakannya pas lalu angkat,
  5. Sajikan segera gudeg nikmat khas Yogyakarta selagi hangat.

Related Blogs

Leave us a Comment