Melepas Penyu di Pantai Sukamade

Penyu adalah salah satu hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah karena keberadaaanya yang mulai menipis. Bagaimana tidak, ketika penyu-penyu akan bertelur di pantai saja sudah banyak hewan pemangsa yang mengintai. Ketika telur penyu menetas menjadi bayi penyu (tukik) dan mulai menuju ke laut, pemangsa dalam laut dan udara juga sudah banyak mengintai tukik-tukik tersebut, ditambah beberapa manusia yang juga memburu telur penyu untuk dikonsumsi. Hal ini yang menyebabkan kenapa penyu perlu di lestarikan dan dilindungi, salah satu hal yang di lakukan pemerintah adalah membuat balai konservasi bagi penyu-penyu di Indonesia.

IMG20150322172119

resort sukamade

Balai konservasi penyu yang kali ini kita bahas berada di daerah banyuwangi, Jawa Timur. Tepatnya berada di pantai Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri. Balai Konservasi ini tidak hanya bertugas untuk melestarikan penyu saja, namun juga menyediakan beberapa fasilitas untuk para travelers yang ingin camping dan adventure. Disini travelers juga bisa melihat langsung bagaimana penyu-penyu bertelur di malam hari dan ikut melepaskan langsung tukik-tukik ke laut. Sangat menarik, bukan ?

Team duniatraveling kali ini berkesempatan mengunjungi Pantai Sukamade. Perjalanan ke pantai ini cukup panjang dan menegangkan. Bagi travelers yang ingin kesini bisa membawa atau menyewa mobil 4×4 karena medan cukup berat. Sebenarnya hanya perlu waktu 3-4 jam menuju ke lokasi, namun karena jalan alami yang berbatu-batu, naik turun bukit, menyebrang sungai, masuk keluar perkebunan, membuat perjalanan menjadi lebih lama. Namun disini sensasinya, bagi penikmat off road jalan menuju pantai sukamade sangat mantap, ditambah pemandangan alam yang masih terjaga dan udara yang segar, lama nya perjalanan tak akan terasa.

Sampai di Lokasi langsung di sambut dengan hewan-hewan hutan yang sudah cukup terbiasa dengan manusia. Ada kera, lutung, bahkan kami melihat biawak dengan ukuran yang cukup besar berjalan melewati penginapan kami. Sangat alami ! . Di lokasi konservasi kita bisa langsung melihat tempat dimana telur-telur didisimpan dan di tetaskan, ada blok blok pasir di buat dan di beri nama sesuai dengan tanggal dan penanggungjawab telur-telur tersebut. Sambil menunggu malam kami jalan-jalan menuju pantai sukamade, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dengan garis pantai yang tidak terlalu luas, cukup mempesona travelers yang ingin bermain-main disana.

IMG20150323063450

pantai sukamade

Malam hari saatnya melihat penyu-penyu naik ke pantai dan bertelur. Dalam proses pengamatan ini, cahaya apapun tidak di perkenankan hidup, hanya lampu senter dari petugas konservasi saja. Namun pengunjung di perbolehkan untuk mengambil gambar tanpa blitz dari kamera masing-masing. Tidak semua penyu naik untuk bertelur, jadi perlu keberuntungan untuk bisa melihat penyu naik ke pantai dan bertelur di pantai sukamade. Ada 4 jenis penyu yang dapat kita jumpai dari 6 penyu yang berada di Indonesia yaitu : Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivaceae), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae). Akan tetapi penyu yang sering mendarat di pantai sukamade ini adalah Penyu Hijau. Tiap penyu yang mendarat akan diberi tanda khusus oleh petugas. Sungguh moment luar biasa travelers !

IMG20150322211047

penyu yang naik siap bertelur

IMG20150323061054

tukik yang siap di lepaskan

IMG-20150326-WA0040

pelepasan tukik di pantai

Selain melihat penyu bertelur, esoknya kita bisa ikut melepas tukik-tukik lucu ke pantai. Sangat-sangat menarik kan ? tertarik untuk traveling ke sukamade ? hubungi kami ^^

 

 

www.DuniaTraveling.co.id

Your Best Traveling Solution

Blog Attachment

Leave us a Comment