Habiskan 72,5 Milyar, Perpustakaan Grhatama Pustaka Jadi Lokasi Hits di Jogja

Pintu utama Grantama Pustaka

Perpustakaan Grhatama Pustaka

Selama ini perpustakaan dinilai hanya sebagai tempat membaca, tempat mengerjakan tugas, tempat bertumpuknya buku buku, meja dan kursi. Anggapan itu semua di bantah jika travelers mengunjungi Perpustakaan Grhatama Pustaka milik Pemda DIY. Perpustakaan yang pembangunannya menghabiskan dana 72,5 Milyar ini disebut-sebut menjadi perpustakaan umum termegah di Yogyakarta, bahkan Asia Tenggara.

Kisah Pembangunan Perpustakaan Grhatama Pustaka

Pembangunan perpustakaan sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu, namun resmi di buka pada tanggal 21 Desember 2015 oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan resmi beroperasi untuk umum tanggal 4 Januari 2016. Nama Grhatama Pustaka sendiri adalah nama yang dipilih oleh Sri Sultan HB X yang artinya tempat untuk belajar. Dengan arti nama tersebut diharapkan perpustakaan ini dapat mengakomodir fungsi perpustakaan sebagai institusi yang mampu memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi bagi masyarakat luas.

gedung perpustakaan grhatama pustaka terlihat dari halaman depan

gedung perpustakaan grhatama pustaka terlihat dari halaman depan

tampak tiang bendera merah putih dan batu peresmian perpustakaan grhatama pustaka di halaman depan gedung

tampak tiang bendera merah putih dan batu peresmian perpustakaan grhatama pustaka di halaman depan gedung

Perpustakaan Grhatama Pustaka berdiri diatas lahan seluas 2,4 hektare tepat di timur gedung Jogja Expo Centre. Jadi jika travelers ingin ke sini bisa sewa mobil jogja, naik kendaraan umum, atau pribadi untuk menuju ke jalan Janti no.1 Banguntapan, Bantul.

Bagaimana Cara Masuk ke Ruang Perpustakaan Grhatama Pustaka ?

Kesan megah terasa ketika pertama kali travelers masuk ke lokasi perpustakaan. Lokasi parkir yang luas serta taman yang besar ikut mempercantik halaman depan. Tampak batu peresmian dan tiang bendera merah putih berdiri di tengah-tengah halaman depan gedung Perpustakaan Grhatama Pustaka. Bagi travelers yang membawa mobil dapat di parkir di kiri gedung, sedangkan parkir motor berada di kanan gedung.

pintu masuk ke dalam perpustakaan grhatama pustaka

pintu masuk ke dalam perpustakaan grhatama pustaka

Sebelum masuk ke ruang perpustakaan, terlebih dahulu travelers meminjam kunci loker di loket depan untuk menyimpan tas karena kita tidak diperkenankan membawa tas ke dalam ruang-ruang buku atau arsip. Bagi yang ingin membaca, diskusi, atau akses free internet bisa langsung masuk saja. Sedangkan yang ingin meminjam buku, terlebih dahulu membuat kartu anggota. Semua ruangan arsip dan buku ber AC dan beralaskan karpet, sehingga kita harus melepas alas kaki dan menyimpannya dalam kantong yang sudah disediakan.

Fasilitas Gedung Perpustakaan Grhatama Pustaka.

ruangan outdoor tengah di perpustakaan grhatama pustaka

ruangan outdoor tengah di perpustakaan grhatama pustaka

Sebagai perpustakaan termegah dan terbesar se Asia Tenggara, sudah pasti fasilitas yang ditawarkan juga sangat banyak. Mulai dari lobi di depan yang besar, kursi-kursi nyaman yang diletakkan di tempat-tempat santai, mushola dan toilet yang bersih. Untuk ruang perpustakaan dibagi menjadi beberapa ruang, yakni koleksi umum, khusus anak-anak, dan ruangan audiovisual. Perpustakaan Grhatama Pustaka juga dilengkapi dengan ruang bermain anak-anak, ruang semacam akuarium yang berisi ikan dan reptil, ruangan diskusi, ruangan digital dengan 20 komputer, serta ruangan khusus tuna netra yang berisi sejumlah komputer bersuara, di samping beberapa koleksi buku braille yang kini sudah bisa diakses

tempat santai di outdoor dengan karpet rumput sintetis pada perpustakaan grhatama pustaka

tempat santai di outdoor dengan karpet rumput sintetis pada perpustakaan grhatama pustaka

di lokasi tengah ini kamu bisa santai membaca buku atau sekedar ngobrol dan diskusi

di lokasi tengah ini kamu bisa santai membaca buku atau sekedar ngobrol dan diskusi

Ruangan pustaka sangat lega ditambah dengan sofa baca yang nyaman sangat memanjakan pengunjung. Koneksi free internet dan 13 gazebo serta taman berumput bisa dimanfaatkan travelers untuk membaca atau aktivitas luar ruangan. Bahkan di taksir gedung dapat menampung 2.000 pengunjung.

Yang menarik disini, ada ruangan bioskop 6D yang memiliki 12 seat (tempat duduk) dan akan memutar film-film pendek berdurasi 5-15 menit. Rencananya akan ada empat film yang diputar setiap harinya. Ke depan, bioskop ini berbayar, karena ingin memberikan pemasukan bagi pemerintah setempat.

ada semacam akuarium berisi ikan dan reptil

ada semacam akuarium berisi ikan dan reptil di Perpustakaan Grhatama Pustaka

tempat landasan alien :p (hahah... ini sudut pandang kalo travelers nengok keatas )

tempat landasan alien :p (hahah… ini sudut pandang kalo travelers nengok keatas )

Buku nya Apa Aja di Perpustakaan Grhatama Pustaka ?

Perpustakaan Grhatama Pustaka diklaim memiliki koleksi buku-buku langka dan naskah kuno serta lembar negara (staatsblat). Koleksi-koleksi buku langka dan buku-buku umum terdiri dari 260.000 eksemplar dengan 180.000 judul. Untuk koleksi langka seperti naskah-naskah kuno tidak untuk dipinjamkan travelers, hanya bisa dibaca ditempat. Untuk yang sudah rapuh tidak diberikan koleksi tekstualnya tetapi sudah dialihkan ke media digital.

ruang permainan anak

ruang permainan anak  Perpustakaan Grhatama Pustaka

ruang referensi

ruang referensi Perpustakaan Grhatama Pustaka

ruang baca anak

ruang baca anak Perpustakaan Grhatama Pustaka

Bagaimana ? Perpustakaan Grhatama Pustaka ini sangat lengkap bukan ? yuk buruan kesini ya travelers. Perpustakaan Grahatama Pustaka ini buka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB. Waktu yang sangat bermanfaat untuk kamu habiskan mencari ilmu dan pengalaman traveling baru !

Blog Attachment

Related Blogs

Leave us a Comment