Puncak Suroloyo Sebagai Salah Satu Tempat Terindah Di Jogja

Puncak Suroloyo Sebagai Salah Satu Tempat Terindah Di Jogja

Puncak Suroloyo Sebagai Salah Satu Tempat Terindah Di Jogja

Puncak Suroloyo merupakan salah satu bukit yan memiliki ketinggian 1000 meter dari permukaan air laut. Puncak Suroloyo ini terletak di pegunngan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Dusun Keceme, Desa Gerbosari. Puncak Suroloyo menyimpan kisah legenda yang sangat terkenal. Yaitu tokoh Raden Mas Rangsang yang bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo yang mendapat petunjuk wangsit tentang kekuasaan di tanah Jawa. Beliau mendapat wangsit bila mau menjadi penguasa di tanah Jawa, beliau harus berjalan kearah barat di Keraton Kotagede menuju pegunungan menoreh dan melaksanakan tapa brata di salah satu perbukitan.

 

Perjalanan menuju Puncak Suroloyo merupakan perjalanan yang tidak mudah dan penuh dengan tantangan. Jalanan sempit penuh tanjakan curam, kelokan tajam, serta diapit oleh bukit dan jurang menjadi perjalanan yang mendebarkan. Namun perasaan takut itu akan tergantikan dengan ketakjuban saat melihat pemandangan yang terhampar. Gugusan perbukitan nampak berdiri kokoh melindungi kawasan perdesaan di lembah yang dikelilingi areal persawahan dan ladang. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah warna hijau berpadu dengan biru langit dan putihnya mega. Sesekali terlihat bunga liar yang tumbuh dengan anggun di tengah rumpun ilalang.

 

Untuk lebih memudahkan perjalanan ke Puncak Suroloyo sebaiknya anda membawa peta atau melihat di Google Map. Anda perlu berhati-hati saat mengendarai, karena setelah melewati Patung garuda atau perempatan Dekso, medan jalan akan berkelok-kelok dan menanjak cukup curam. Tidak sampai disitu saja tantangannya, jalan menuju puncak suroloyo pun akan dipenuhi kabut, jadi perlu ada ekstra kehati-hatian saat berkendara.

 

Jalur untuk menuju tempat puncak suroloyo yakni jalan Godean – Sentolo – Kalibawang dan dan jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang. Jalur menuju tempat ini cukup sulit karena penuh tanjakan dan berbelok-belok. Sampal saat mi daerah ni memang hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi saja.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai puncak suroloyo, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Related Blogs

Leave us a Comment