Sulap Ketela menjadi Mie AYO, Gunung Kidul Tawarkan Mie Sehat

ragam Mie Ayo Gunung Kidul

Mie Ayo Mie Sehat Dari Gunung Kidul

Siapa yang tidak suka menyantap mie, makanan ini bahkan menjadi makanan pokok bagi anak kost di akhir bulan. Hehe… Namun, citra mie di beberapa produk tertentu akhir-akhir ini banyak dianggap buruk oleh masyarakat karena masalah bahan pengawet, bahan tambahan, atau bumbu penyedap yang di gunakan. Di Gunung Kidul, mie menjadi makanan sehat dan lezat. Bahkan mie di sulap menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib travelers bawa pulang. Mie Apakah itu ? yuk kita cari tau

UKM Putri21 menjadi lokasi produksi Mie sehat AYO

UKM Putri21 menjadi lokasi produksi Mie sehat Mie AYO

tampak depan lokasi toko Mie AYO.

tampak depan lokasi toko Mie AYO.

Team duniatraveling yang piknik ke Gunung Kidul kali ini tidak mencari surga tersembunyi travelers, tetapi mencari makanan sehat yang hanya ada satu-satu nya di Yogyakarta. Yap ! Mie AYO. Mie AYO adalah mie produksi UKM Putri21 yang berada di daerah Dusun Sumberjo, Ngawu, Playen, Gunungkidul. Kalau travelers ingin ke lokasi, bisa melalui jalan menuju ke hutan Wanagama Gunung Kidul, dari sana ikuti jalan saja hingga arah menuju Air Terjun Sri Gethuk. Lokasi Mie AYO, ada di dusun sebelum wisata Air Terjun Sri Gethuk. Mie ini bukan mie biasa lho travelers, namun ini adalah mie sehat yang langsung di produksi menggunakan sumber daya pangan local asli Gunung Kidul.

Apa sih Mie Ayo ?

Selama ini kita tau bahwa mie yang dipasaran adalah mie yang di produksi menggunakan gandum. Tetapi Mie AYO adalah mie berbahan baku Mocaf (Modified Cassava Flour) atau biasa di sebut tepung ketela. Mocaf, merupakan tepung hasil olahan singkong yang diproses dengan memodifikasi sel singkong melalui fermentasi yang melibatkan mikroba (bakteri asam laktat). Tepung ini sehat dibandingkan gandum lho travelers, karena memiliki kandungan serat yang tinggi (dibandingkan gandum) sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol, mengencerkan toksin dan meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek. Karena dihasilkan melalui fermentasi, tepung mocaf juga mempunyai efek prebiotik yang membantu pertumbuhan mikroba di dalam saluran pencernaan sehingga sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Selain bermanfaat bagi tubuh, Mie AYO juga tanpa bahan pengawet, sehingga lebih aman bagi kesehatan.

Mie AYO sehat tanpa bahan pengawet. Satu bungkus mie sangat cukup untuk 2 orang

Mie AYO sehat tanpa bahan pengawet. Satu bungkus mie sangat cukup untuk 2 orang

Nama AYO sendiri diartikan sebagai Asli YOgya, agar pembeli selalu ingat bahwa mie AYO adalah mie asli buatan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Mie AYO Tawarkan Peluang Bisnis

Ide pembuatan mie AYO pertama kali di cetuskan oleh ibu Suti Rahayu yang sadar akan potensi ketela di Gunung Kidul yang melimpah. Beliau mulai mencari formulasi bahan untuk menciptakan mie menggunakan mokaf. Jalan menuju Mie AYO memang tidak mulus, kegagalan demi kegagalan komposisi pun dijalani entah mie terlalu lembek, terlalu kering, mudah patah atau bahkan tidak dapat dibentuk seperti mi pada umumnya, hingga pada awal tahun 2013 Bu Suti menemukan formulasi tepat untuk membentuk mie sehat ini.

Selain Mie Ayo, Putri21 juga menjual beras mocaf sebagai pengganti nasi

Selain Mie Ayo, Putri21 juga menjual beras mocaf sebagai pengganti nasi

Alat pengering mie dan makanan lainnya. Alat ini menggunakan energi matahari

Alat pengering mie dan makanan lainnya. Alat ini menggunakan energi matahari

Mie AYO yang dipimpin oleh Bu Suti dapat memproduksi mie dengan 50 kg mokaf per hari. Diperkirakan sekitar 5 ton singkong diperlukan setiap bulannya untuk di produksi menjadi mocaf. Keberhasilan UKM Putri 21 dalam pembuatan Mie AYO menjadi peluang dan angin segar bagi produsen singkong khususnya di daerah Playen, Prongko, Tepus, Panggang dan Paliyan. Keberhasilan ini sudah pasti mengangkat perekonomian warga sekitar dan khususnya Bu Suti sendiri, tak jarang lokasi rumah produksi beliau di datangi para peneliti ataupun mereka yang meminta Bu Suti mengisi acara seminar, atau acara pemberdayaan masyarakat.

Mie AYO Tidak Hanya Menjual Mie Saja.

Kalau travalers kesini, selain bisa membeli mie AYO kita juga bisa melihat secara langsung kegiatan produksi UKM Putri21 dalam membuat mie, mocaf, dan makanan camilan lainnya. Bu Suti sangat ramah dan antusias jika ada pengunjung yang ingin masuk ke dalam dapur produksi. Bahkan team duniatraveling di persilahkan mencoba banyak makanan yang masih hangat-hangat selesai di produksi… hmm….yummy enaknya.

Bu Suti (paling kiri) tampak bersama warga lain sedang membuat camilan

Bu Suti (paling kiri) tampak bersama warga lain sedang membuat camilan

Oiya… disini tidak hanya mie saja yang di produksi lho travelers, tapi ada beras mocaf, camilan seperti kripik ketela, kripik pare, kripik terong, keripik jamur, egg roll, dan masih banyak camilan enak yang lainnya. Untuk Mie AYO sendiri terdiri dari beberapa rasa yaitu Original, Brokoli, Wortel, Cabe Hijau, Ubi Ungu, Green Tea, Tomat, Pisang, Sukun, dan Yang terbaru Coklat. Semuanya sehat dan benar-benar di buat menggunakan bahan asli seperti rasa yang tercantum. So…. Kamu suka yang mana travelers ?

Keripik pare setengah jadi

Keripik pare setengah jadi

Kripik jamur kuping setengah jadi. Ini enak sekali travelers... suer :D

Kripik jamur kuping setengah jadi. Ini enak sekali travelers… suer 😀

Selain dapat di beli langsung di rumah produksi, Bu Suti mengatakan bahwa Mie AYO telah tersebar di berbagai lokasi di Yogyakarta, baik agen, pedagang kelontong, dan pedagang sayur keliling. Jadi masyarakat Yogyakarta dapat membeli di tempat-tempat tersebut bahkan bisa melalui online. Harga per bungkus Mie AYO isi 2 keping mie hanya 3000an saja, dengan berat 140 gram, sudah sangat cukup sekali untuk di santap 2 orang travelers. Sudah sehat, murah bukan ?! bagi kalian yang malas untuk memasak, Mie AYO juga menyediakan mie instan yang sudah lengkap dengan bumbunya. Travelers tinggal menyeduh mie seperti membuat mie instan biasanya.

macam macam rasa dari Mie AYO.

macam macam rasa dari Mie AYO.

Hasil team duniatraveling mengolah mie AYO. enak !!

Hasil team duniatraveling mengolah mie AYO. enak !!

Bagaimana ? Sudah siap sehat dengan mie kan ? jangan takut makan mie instan kalau mie nya Mie Ayo Gunung Kidul. Setelah beli Mie AYO, travelers bisa jalan-jalan ke pantai indrayanti atau embung nglanggeran lho… Informasi selengkapnya bisa hubungi kami ya…..

Blog Attachment

Related Blogs

Leave us a Comment