Traveling ke Pantai Timang Gunung Kidul

pantai timang
pantai timang gunung kidul

pantai timang gunung kidul

  Bagi penggemar reality show korea, terutama barefoof friends pasti sudah tidak asing lagi melihat rupa pantai timang gunung kidul yang ada di foto diatas. Ya, mereka pernah melakukan shooting di pantai ini. Pantai dengan gondondola minimalisnya ini memang banyak menjadi perbincangan di kalangan traveler yang menyukai sedikit “usaha” untuk menemukan pantai-pantai tersembunyi di Yogyakarta. Bagi penikmat pantai, Gunung Kidul Yogyakarta adalah surga mereka untuk mengeksplore banyak pantai yang masih tersembunyi. GUNUNG KIDUL. Siapa yang tidak tau daerah ini ? daerah dengan pantai-pantai nya yang cantik, eksotis, dan menjadi salah satu tujuan wajib bagi penikmat wisata alam maupun orang-orang yang selalu penasaran dengan indahnya yogyakarta.

PANTAI TIMANG.

Pantai yang akan di bahas kali ini adalah sebuah pantai yang belum banyak tereksplor yang berada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Lokasi pantai ini masih di kawasan sekitar pantai siung. Tidak ada petunjuk yang pasti mengenai lokasi, karena tidak ada plang besar bertuliskan arah ke pantai bahkan plang kecil sekalipun. Petunjuk pasti adalah masyarakat sekitar dan beberapa informasi yang diperoleh dari posting an orang-orang yang pernah ke sana sebelumnya. Jalan masuk tidak jauh dari jalan sebelum menuju gerbang pantai siung, tepatnya masuk ke daerah sebelah barat. Cukup sulit mendiskripsikan belok-belokan jalan ketika sudah masuk ke barat, yang pasti ikuti saja jalanya dan bertanya pada masyarakar sekitar. Di beberapa situs, memang sudah ada beberapa yang membahas mengenai rute dan medan untuk menuju ke pantai ini, ada juga yang menyebutkan medan yang di lalui cukup sulit sehingga motor dan mobil 4wd saja yang dapat melewatinya. Ternyata, memang jalan masih sangat alami karena tersusun dari batu-batu gamping besar dan harus sangat sabar untuk melauinya. Memang ada beberapa jalan yang sudah di cor dengan semen, tapi hanya sebagian. Dari jalan masuk hingga ke pantai sebenarnya tidak terlalu jauh, tapi karena kondisi jalan buruk perlu waktu sekitar 30 menit untuk sampai jika menggunakan motor.

lokasiKeadaan di pantai timang gunung kidul ini tidak ada kios penjual makanan, tidak ada tempat khusus parkir, bahkan tidak ada WC umum. Daerah di sekitar pantai masih digunakan masyarakat untuk bercocok tanam, berburu belalang, dan banyak beberapa pohon cemara kecil yang tumbuhi. Hal menarik yang menjadi tujuan utama di pantai ini adalah melihat semacam kursi gantung (gondola) yang digunakan para pemburu lobster untuk menuju ke sebuah pulau kecil di seberang pantai, pulau panjang tepatnya.  Untuk mencapai ke kursi gantung, harus berjalan naik keatas namun tidak jauh dari lokasi masuk.

gondola pantai timang gunung kidul

gondola pantai timang gunung kidul

Di beberapa informasi menyebutkan kalau kursi di pantai timang gunung kidul ini dibangun oleh seorang nelayan yang pemberani. Dia menaiki perahu dan menyebrang ke pulau panjang. Sesampai di sana nelayan pemberani tersebut memasang pasak dan tiang lalu memberinya tali tambang dan menghubungkannya ke tebing pantai timang.. Dia juga kemudian memberi sebuah yang kursi yang digantungkan di tali tersebut, sehingga orang yang ingin memancing lobster di Pulau Panjang bisa menyeberang menggunakan kursi gantung tersebut. Membayangkan menaiki kursi dan menyebrang ke pulau panjang mungkin sangat menegangkan ! mengingat tidak ada pengaman dan ombak yang cukup besar, kecelakaan atau sial sedikit dan jatuh entah apa jadinya diterkam ombak dan karang. Bagi anda yang ingin sekali menyebrang diperbolehkan, dengan membayar sekitar 100.000 rupiah anda bisa mencoba (tetapi resiko ditanggung penumpang).

TERTARIK ???
silahkan berkunjung ^^
info lebih lengkap, hubungi kita yaahh

www.duniatraveling.co.id | Your Best Traveling Solution

 

Blog Attachment

Related Blogs

Leave us a Comment