Yuk Nikmati Sunset di Embung Nglanggeran

landscpae embung nglangeran

Menikati Sunset di Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Yogyakarta memang tidak pernah kehabisan tempat untuk menikmati sunset dan sunrise. Dari barat ada kalibiru, selatan ada watu lumbung, di timur ada tebing breksi, nah di daerah timur nih ada lokasi yang sejuk dan pas sekali untuk menunggu matahari terbenam dengan indahnya Embung Nglanggeran Gunung Kidul.

Beberapa waktu yang lalu team kami sudah bermalam di gunung api purba nglanggeran tuk menikmati hamparan bintang dan sunrise, kali ini masih cukup dekat, ada lokasi yang di bangun untuk kegiatan wisata dan penelitian yaitu Embung Nglanggeran.

ini pintu masuk menuju ke lokasi

ini pintu masuk menuju ke lokasi

On The Way

jangan takut tersesat yah !

jangan takut tersesat yah !

Lokasi embung nglanggeran tidak jauh dari gunung api purba nglanggeran, kalau dari kota jogja bisa sewa mobil atau naik motor kurang lebih 40 menit menuju ke lokasi. Jangan takut tersesat karena papan petunjuk arah menuju embung sangat banyak dan sangat jelas. Perjalanan menuju embung tidak sulit, sambil on the way travelers bisa menikmati suasana sejuk nya desa dan beberapa nyanyian kambing. Ya.. memang di sekitar embung nglanggeran sedang di galakkan usaha peternakan kambing etawa dan perkebunan coklat.

jalan sangat nyaman ditempuh dgn motor

jalan sangat nyaman ditempuh dgn motor

pakai mobil atau minibus juga bisa masuk

pakai mobil atau minibus juga bisa masuk

Keadaan Lokasi
Traveles hanya di kenakan biaya Rp 5.000 per orang untuk masuk ke lokasi wisata embung nglanggeran pada saat siang, karena harga sore/malam kemungkinan berbeda, parkir motor cukup Rp 2.000 saja. Lahan parkir disini sangat luas, sejauh mata memandang hamparan pegunungan api purba nglanggeran dan pemandangan perbukitan gunung kidul sangat memanjakan mata. Di lokasi ada beberapa gazebo untuk beristirahat, ada penjual makanan resmi, mushola, dan toilet yang tersebar di beberapa tempat (toiletnya bersih lho). Selain itu di bagian barat ada lokasi penelitian dan bangunan Taman Teknologi Pertanian yang dikelola atas kerjasama pemerintah dengan Universitas Gadjah Mada.

area parkir luas

area parkir luas

spot-spot yang ada pada lokasi parkir

spot-spot yang ada pada lokasi parkir

Go To Embung !
Embung nglanggeran berada diatas lahan parkir, untuk kesana kita perlu sebentar jalan kaki naik melalui tangga yang disediakan. By the way disini tong sampah tersedia cukup banyak di, bahkan papan peringatannya juga di pasang di beberapa tempat, jadi jangan sembarangan buang sampah ya travelers ! Sepanjang tangga naik dipasang lampu-lampu yang unik, kalau malam semua lampu hidup dan terlihat sangat eksotis. Setelah travelers melewati 3 jalur tangga maka sampailah di embung nglanggeran ! hosh hosh…

baru peresmian Sri Sultan HB X

baru peresmian Sri Sultan HB X

Apa si Embung Nglanggeran ?
Embung adalah waduk mini, atau empang yang besar, atau semacam kolam tampungan air yang banyak bermanfaat. Sejarah dari pembangunan embung nglanggaeran dimulai sebuah bukit yang diberi nama Gunung Gandu. Bukit tersebut kemudian dikeruk menjadi embung tadah hujan agar bisa mengairi kebun buah milik warga-warga yang luasnya sekitar 20 Ha. Selain dari hujan, sumber air embung nglanggeran berasal dari sumber air Sumurup yang letaknya di Gunung api purba Nglanggeran. Seiring berjalanya waktu, lokasi ini dikembangkan oleh pemerintah menjadi lokasi wisata dan penelitian. Sehingga pada tanggal 19 Februari 2013 Sri Sultan HB X meresmikan lokasi ini menjadi Lokasi Wisata Kebun Buah Nglanggeran.

gazebo utara embung nglanggeran

gazebo utara embung nglanggeran

lokasi sekeliling embung nglanggeran

lokasi sekeliling embung nglanggeran

Embung nglanggeran sendiri tidak terlalu besar, di dalamnya terdapat beberapa ikan yang tidak boleh di pancing. Selain tidak boleh di pancing, pengunjung juga dilarang masuk ke dalam embung apalagi berenang travelers. hehe…. Jadi cukup nikmati, jepret, atau disimpan dalam memory dan hati… #eaaa

Nikmatnya Afternoon di Embung.

menarik untuk di jadikan spot fotografi kan ?

menarik untuk di jadikan spot fotografi kan ?

Sebenarnya kapan saja travelers bisa kesini, karena suguhan pemandangan nya saja sudah sangat cantik. Tetapi bagi yang ingin melihat panorama eksotis bisa ke embung nglanggeran sore hari. Sambil melepas lelah seharian, duduk di gazebo dan melihat sunset adalah penutup sempurna hari mu. Tidak lupa lensa kamera wajib dikeluarkan untuk mengabadikan moment-moment indah sore hari. Titik yang menurut kami pas melihat sunset adalah di tempat-tempat duduk sekitar pagar embung bagian selatan dan barat, kemudian di gazebo atas (cocok bagi pengguna tripod), dan utara gazebo atas (disini dapat menangkap gambar embung secara penuh).

sekitar embung bisa jadi spot fotografi menarik

sekitar embung bisa jadi spot fotografi menarik

sempurnanya sunset dilihat dari gazebo atas embung nglanggeran

sempurnanya sunset dilihat dari gazebo atas embung nglanggeran

spot sunset bagian selatan embung

spot sunset bagian selatan embung

sunset dilihat dari gazebo atas embung nglanggeran

sunset dilihat dari gazebo atas embung nglanggeran

So…… sudah siap santai sore di embung ?? tunggu apalagi travelers, yuk nikmati indahnya sunset di Embung Nglanggeran. Informasi lebih lengkap atau kamu ingin sewa mobil jogja dan diantar kesini dapat menghubungi kami ya….

www.duniatraveling.co.id | Your Best Traveling Solution

Blog Attachment

Related Blogs

Leave us a Comment